04 Mei 2009

Flu Babi

Akhir-akhir ini kembali marak flu yang terkenal dengan 'Flu Babi' meyusul flu burung yang beberapa tahun ini telah menghebohkan dunia. Flu babi yang disebabkan oleh Virus Influenza Type A sub Type H1N1, yang bersifat zoonosis. telah menyebabkan kematian yang sangat luar bisa pada tahun 1918, menewaskan sekitar 40 juta orang. Saat ini meksiko merupakan negara yang pertama kali melaporkan adanya flu babi yang berjangkit pada babi dan manusia pada awal tahun ini. Penyakit ini beberapa hari kemudian dilaporkan telah menyebar ke beberapa negara Amerika Utara, Eropa dan Selandia Baru. Yang paling mencemaskan adalah karakteristik virus ini yang sangat mudah berubah (mutasi) dan kemampuan percampuran genetik dengan virus influenza lain yang lebih kontagius dan lebih patogen. Hal ini bisa memicu terjadinya pandemi influenza yang diperkirakan akan kembali menelan korban jutaan manusia.
Usaha pencegahan dan pengendalian telah dilakukan oleh semua negara dengan melakukan pengetatan biosekuriti terhadap pergerakan ternak dan turunannya serta pergerakan manusia.
Munculnya penyakit baru yang ada saat ini menunjukkan kerusakan alam yang semakin parah sehingga memicu munculnya penyakit yang sulit dikendalikan dan memiliki kemampuan yang lebih baik. Untuk itu stop kerusakan alam, ingatlah Allah yang telah menciptakan alam ini dalam keseimbangan. Hindari ketamakan terhadap dunia yang tanpa batas.

Tidak ada komentar: